Kebiasaan Makan yang Salah

Jumat, 04 November 2011


Seringkali kita secara tidak sadar melakukan hal-hal yang tidak sengaja kita lakukan seperti cara makan. Mungkin hal ini bisa terjadi pada saat anda berada dikantor dan dirumah. 

Berikut adalah kebiasaan makan yang salah dan tips agar kalian bisa mengatur jumlah makanan yang akan kalian makan:



Makan disaat Kita Tidak Fokus
Makan sambil membaca majalah, nonton tivi maupun sambil browsing internet akan menyebabkan kalian tidak bisa mengontrol apa yang masuk ke mulut kalian. Karena ketika perhatian kalian sedang teralihkan dengan hal lain, cenderung kalian akan makan lebih banyak daripada yang diperlukan. Karena Multi-tasking membuat kalian sulit untuk mendeteksi rasa kenyang.


 Makan Sambil Berdiri
Sama dengan jika kalian makan sambil menonton tv atau sambil membaca buku. Misalnya kalian makan sambil berjalan kesuatu tempat, atau seperti prasmanan.
Sebaiknya kalian tidak memasukkan apapun ke mulut kalian ketika sedang berdiri atau mungin berjalan. Karena orang akan cenderung makan lebih banyak dan lebih cepat ketika sedang berdiri atau berjalan, daripada saat duduk.

Misalnya ada teman kalian yang membawa makanan di kantor atau dikampus, lalu banyak teman-teman yang lain menyerbu makanan itu. Secara tidak sadar karena sambil ngobrol-ngobrol, kalian telah menghabiskan banyak makanan tanpa mengetahui berapa banyak kalori yang masuk ketubuh kalian.

 
Berjalan-jalan Tanpa Rencana
Mungkin ketika kalian mendadak ingin pergi ke pantai, lalu kalian berangkat dalam keadaan perut keroncongan, besar kemungkinannya kalian akan berhenti di rest area atau direstoran fast food yang kalian temukan disepanjang jalan. Sebaiknya jika perut sedang lapar pada saat perjalanan, lebih baik membawa cemilan yang bisa dimakan di perjalanan seperti buah-buahan, atau yang lebih baik lagi membawa makanan dari rumah.


Tidak Merencanakan Menu Makanan Sebelumnya
Kadang ketika kita ingin makan siang, kita berada diposisi yang membingunkan, entah mau makan apa dan minum apa? Sedangkan di food court tersedia banyak makanan. Jika kita belum merencanakan mau makan apa, pasti kita nantinya akan memilih makanan yang terlihat paling menggiurkan dan biasanya mempunyai nilai kalori yang tinggi.

Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar