Pengalaman Tersesat di Korea

Kamis, 15 Desember 2011

Jalan-jalan ke luar negeri dan tersesat, bingung harus gimana?

Nah, saya punya sebuah cerita yang menarik yang dialami oleh sepupu saya saat study tour ke Korea.
Sesampainya disana ternyata jemputan yang seharusnya menjemput para mahasiswa mogok dan terpaksa mereka harus mencari sendiri alamat tempat mereka istirahat.



Karena menguasai bahasa Korea, mereka dengan sok tahunya mencari jalan sendiri dan pada akhirnya tersesat. Setelah sekian lamanya tersasar, seketika dosen bahasa Korea mereka ingat bahwa disana ada Call Center 1330 untuk wisatawan dan setelah mereka diberi petunjuk akhirnya sampai juga tempat mereka beristirahat.


Jadi Call Center 1330 itu adalah salah satu layanan Call Center 24 jam tentang wisata Korea yang dikelola oleh Korea Tourism Organization bagi para wisatawan asing. Bahasa yang disediakan oleh call center ini yaitu Inggris, Jepang dan Cina.

Pelayaan yang disediakan yaitu informasi mengenai wisata seperti :
1.       Informasi Khusus Tentang Wisata: memberikan informasi rinci tentang objek wisata, transportasi, akomodasi, belanja, festival, acara dan lainnya.

2.       Menyediakan layanan dengan berbagai macam bahasa seperi Korea, Inggris, Jepang dan Cina.

3.       Pelayanan 24 jam seminggu: Call Center 1330 menerima layanan 24 jam sehari selama 7 hari seminggu sehingga memudahkan para wisatawan dalam memperoleh informasi.

4.       One-stop-service: yaitu pelayanan yang juga melayani keperluan imigrasi, keamanan, medis, dll
5.       Info Pelayanan Publik: 1330 call center adalah layanan gratis. Penelpon hanya dikenakan biaya telefon tariff standar panggilan telepon biasa.

Bagaimana cara menelponnya?
Kalau kalian menelpon langsung dari Korea, dari seoul akan langsung diterima oleh Call Center 1330 KTO. 
Semua panggilan masuk setelah jam kerja akan langsung masuk ke 1330 Call Center di Seoul.

Kalau kalian menggunakan handphone, tambahkan kode area 1330, contoh untuk Seoul (02-1330). Koneksi bervariasi tergantung operatornya, dan tidak ada biaya tambahan.
Ini adalah kode area yang ada dibeberapa daerah di Korea.


Selain itu ada juga yang namanya Pusat Informasi Wisata (TIC: Tourist Information Center), yang terletak di Kantor utama KTO di Seoul yang berada dilantai dasar gedung. Disana kalian bisa mendapatkan peta, leaflet, dan bahan informasi lainnya secara gratis. Informasi yang saya sampaikan ini juga asalnya dari brosur ke TIC.


TIC juga menawakan layanan medis sederhana dan juga akses internet gratis dan layanan telepon. Selain itu kalian juga bisa mengunjungi tempat menarik lainnya seperti menelusuri buku yang berhubungan dengan perjalanan dan data di Perpustakaan Teknologi Pariwisata atau berkunjung ke toko souvenir.


Tempat yang paling disukai disini adalah Zona Hallyu, karena disini banyak sekali galeri foto Bintang Korea yang berukuran sesuai dengan tinggi badang bintang aslinya, jadi kalian bisa berfoto-foto ria disana seolah-olah bersama para bintang.


Selain berfoto ria layaknya berfoto dengan artis Korea, yang paling sering dijumpai disini adalah Acara Pengalaman Kebudayaan, seperti menggunakan Hanbok, menulis nama kita sendiri ke dalam bahasa Korea, membuat kerajinan tangan Hanji dan masih banyak lagi.

Ternyata tersesat ada manfaatnya juga, mereka jadi tahu tempat-tempat bagus lainnya di Touris Information Center.

Wahh…ternyata banyak juga tempat-tempat yang bagus di Korea, pantes aja banyak orang yang mau ke Korea. Berarti tidak ada salahnya saya ikutan acara di facebooknya KoreaTourism Organization (Indonesia) tentang My Korea Winter Story, siapa tau aja bisa menang terus bisa pergi ke Korea, semoga aja disana gak ikut-ikutan nyasar :p

Sumber Gambar:

2 komentar:

Aji Prast mengatakan...

Pelayanan pengelola wisata Korea bagus juga ya. Ada layanan call center buat wisatawan yang nyasar, boleh dicontoh tuh sama Indonesia.. keren.keren.

andisinaga mengatakan...

iya..coba diindonesia ada ya?? kan gak semua orang bisa bahasa Inggris, kasian klo nysar nanti bulenya.. :p

Poskan Komentar