Dampak Buruk Pernikahan Beda Usia

Kamis, 20 Oktober 2011

 sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_a2Ac_i7cQNk/SzM-e5GurpI/AAAAAAAAHyI/jCH-Zt_Jcig/s320/demi-moore.jpg

dalam artikel ini saya akan berbagi 4 alasan mengapa pernikahan beda usia itu tidak baik, jika anda yakin untuk menikahi pasangan yang jauh lebih muda atau lebih tua sebaiknya anda pikirkan kembali, karena hubungan itu bisa berakhir seperti Ashton Kutcher dan Demi Moore, yang romantis di awal pernikahan, namun berakhir tragis.

mengapa? karena,menurut hasi survey wanita yang berumur 27 sampai 45 memiliki peningkatan fantasi seksual. Mereka juga ingin mendapatkan seks yang lebih banyak di banding dengan wanita berusia lebih muda. Ini tentu bermanfaat bagi kalangan tertentu, seperti pada pria lebih muda yang berhubungan dengan wanita berumur.

Namun apa jadinya jika hormon seksual berubah? Bagi pasangan dengan perbedaan usia yang signifikan, menjadi tantangan tersendiri untuk bisa menjaga hubungan. Memiliki hubungan dengan jarak usia lebih dari 10 tahun merupakan perbedaan yang sangat jauh. Hal tersebut dapat memiliki hambatan yang signifikan dalam suatu hubungan.

Jadi apakah hubungan dengan perbedaan usia yang cukup jauh dapat berhasil? Para ahli mengatakan kemungkinannya kecil tapi bisa saja, asalkan sama-sama memiliki harapan dan segala tantangan dapat dihadapi dengan solidaritas yang tinggi.

Kalau Anda masih ragu, berikut alasan mengapa Anda tidak perlu menikahi pria yang memiliki perbedaan usia cukup jauh, entah itu lebih tua atau muda :
  1.  Tahapan hidup yang berbeda : ketika Anda baru memulai karir, sementara pasangan Anda sudah tidak lagi, hal tersebut bisa menyulitkan.
    "Jangan berharap untuk berada di kehidupan yang sama tentang segala sesuatu, ini bisa menjadi sulit,"
  2. Faktor eksternal : Meskipun hubungan tidak selalu ditentukan oleh opini dari orang lain, namun tetap saja jika keluarga atau sahabat menentang hubungan akan berdampak buruk bagi jalinan asmara. Mereka mungkin akan menganggap Anda gila dan menilai buruk calon suami Anda. Tentu hal tersebut menjadi rumit, karena Anda harus membangun hubungan antara si dia dengan orang-orang terdekat Anda.
  3. Tujuan yang berbeda : Hubungan akan sukses jika memiliki tujuan yang sama. Ini menjadi faktor penentu saat menjalin hubungan beda usia, karena ambisi pasangan itu biasanya berbeda dalam memulai keluarga dan karir. Jika Anda menikah dengan orang yang lebih tua, mungkin dalam waktu beberapa tahun ke depan dia sudah pensiun, sedangkan Anda dan dia baru memulai rumah tangga atau baru memiliki anak. Sedangkan Anda masih memerlukan bantuan suami untuk memenuhi kebutuhan finansial.
  4. Kehidupan seks yang berbeda : Wanita akan lebih bergairah di usia 40, sementara pria lebih cepat di usia 20 dan 30-an. "Kehidupan seksual akan baik jika pria muda menikah dengan wanita yang lebih tua. Keduanya dalam kondisi seksual yang prima, tentu ini akan sangat menyenangkan.
Hal tersebut menjadi tidak menguntungkan ketika hubungan yang sebaliknya. Ketika Anda berusia 20-an dan suami berusia 45 tahun maka gairah seksnya akan menurun. Apalagi jika Anda mencapai umur 40-an dan si dia sudah berusia 65 tahun, dia kemungkinan besar sulit bisa memuaskan Anda.

49 komentar:

adeline mengatakan...

hmmm.. kalo saya sih mending yang umurnya setaraf aja deh..hehehe

Muhammad Gustavie mengatakan...

istri saya beda umur lebih muda 2 tahun dari saya, asal kan jangan terlalu jauh perbedaan nya mungkin akan bisa berjalan serasi ^^

see this world mengatakan...

yah yang penting ga terlalu jauh banget lah,hehe xD

Muh. Asraf Zainuddin mengatakan...

Umur Bleh Bda Jauh Yang Penting Bisa Saling Mengerti ja .!!!

wiwin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
wiwin mengatakan...

klau udh jodoh gmn...

Anonim mengatakan...

Saya dan suami beda 9 tahun. Dan semua baik2 saja. Motivasi menikah, serta komitmen untuk menerima baik dan buruk pasangan, punya peranan yang sangat penting

Anonim mengatakan...

Saya dan suami beda 9 tahun. Dan semua baik2 saja. Motivasi menikah, serta komitmen untuk menerima baik dan buruk pasangan, punya peranan yang sangat penting

Anonim mengatakan...

hmmm... that's the point, saya ingin menikah dengan pria yang jauh lebih muda tapi dipikir2 point ketiga betul juga hm... interesting

Anonim mengatakan...

mendiang kedua orang tua sy terpaut 10 tahun,alhmdlilah mereka semasa hidupnya tdk ada kendala yg berarti,dan kaka perempuan saya yg pertama beda usianya 20 tahun dng suaminya,mereka jg sama seperti kedua mendiang kedua ortu sy,jd intinya don't worry dng prbdaan usia yg cukup jauh,slama kt saling mngasihi dan tdk ada mksud yg kurang baik pd saat kt menikahi calon pasangan yg lebih jauh umurnya,semisal mo plorotin hartanya,pasti hasilnya kurang baik.

Anonim mengatakan...

mendiang kedua orang tua sy terpaut 10 tahun,alhmdlilah mereka semasa hidupnya tdk ada kendala yg berarti,dan kaka perempuan saya yg pertama beda usianya 20 tahun dng suaminya,mereka jg sama seperti kedua mendiang kedua ortu sy,jd intinya don't worry dng prbdaan usia yg cukup jauh,slama kt saling mngasihi dan tdk ada mksud yg kurang baik pd saat kt menikahi calon pasangan yg lebih jauh umurnya,semisal mo plorotin hartanya,pasti hasilnya kurang baik.

Anonim mengatakan...

sungguh menyedihkan menghadapi kenyataan linkungan kel yang menunjukan ketidak setujuan,...perbedaan usia 14 tahun...wanita lebih tua dan single parents beranak 2...yg pria masih single....membaca 4 point tsb bisa menguatkan saya untuk menerima kenyataan...sebaiknya tdk diteruskan....sangat menyakitkan pdhl kita saling mencintai...

Anonim mengatakan...

saya pribadi setuju setuju aja soalnya jodoh di tangan TUHAN yang penting bisa mengerti,mau belajar untuk membaur dengan kesukaan dan hobi yang berbeda karena itu bisa membuat hub lebih atraktif dan lebih berwarna

Anonim mengatakan...

Pengalaman

Anonim mengatakan...

Benar Pengalaman. saya sbgi istri 42 thn suami 62 thn, emang banyak perbedaan, dari sikap Θαņ cara berpikir kami bayak beda, saya sbgi istri terus membawa diri dg suami alias mengalah, karena suami Άϑά ego tinggi untuk menutup kekurangannya,Θαņ suka stress tanpa mengakui akhirnya kami diakhiri perceraian juga. Padahal dari ekonomi saya yg bnyk bantu, sex saya tdk banyak menuntut, saya tdk neko2, insyaallah masih punya iman Θαņ ibadah yg kuat, mgkn sdh takdir saya bgni, tp benar dari referensi2 yg kita dapat

Nantha Chuplaqz mengatakan...

istri saya lebih tua dari saya dengan selisih umur 15 tahun tapi kami bisa untuk saling menghargai dan saling menghormati seperti dalam syariat islam.perbedaan usia sebernanrnya tidak akan berpengaruh jika bisa saling melengkapi

Anonim mengatakan...

Nabi muhamad SAW,beda usia denga siti khadijah,dengan st aisyah. Kenapa jd di pusingkan

Anonim mengatakan...

heheh....
Enjoy aja. Beda org, beda nasib....

Anonim mengatakan...

Saya dan calon suami beda 16 thun, saya 22, dia 38. Kami sudah 2 tahun pacaran n sekarang sedang mempersiapkan pernikahan kami. Kami saling mencintai n selama ini saya bahagia dengannya begitu juga dia. So, ga perlu khawatir soal usia. Selama keduanya saling mencintai, apapun akan dilakukan untuk tetap bersama..

Anonim mengatakan...

Usia saya 45 tahun, istri 21 tahun... belum punya anak... dari segi ekonomi saya sudah memberikan tabungan yang cukup untuk istri apabila saya meninggal lebih dahulu, walaupun istripun mempunyai usaha yang menghasilkan lebih dari cukup. Sisi lain, sampai saat ini kami bisa saling mengisi, menjaga, mencinta... dan kami selalu saling bermanja satu sama lain... yang pasti, kami sepakat, bahwa yang lebih baik banyak... tapi kami selalu memberi yang terbaik satu sama lain... dengan rasa cinta yang tulus dan keterbukaan dalam segala hal...

Anonim mengatakan...

kalo aku gimana dong, di taksir cwo umur 40 th,, aku mau 25,, bner banget tuh sama wacana di atas,, sini mengebu buat cari duit,, dia udah males malesan cari duit..

Anonim mengatakan...

Saya beda usia dengan suami, dia jauh lebih muda 10 tahun.. ( saya 42 dan suami 32 ) Menikah saat saya 33 dan suami 23 ...

Peringatan buat yang pacaran dengan yg lebih muda... Suami kita itu manusia biasa, bukan nabi Muhammad, susah diharapkan supaya berkelakuan seperti nabi Muhammad...
Pernikahan kami sangat bergejolak, dikarenakan ternyata suami sangat suka daun muda, atau wanita lebih muda...
Saya sebenarnya sangat menyesal, mengikuti kata hati yg jatuh cinta menikahi pria yg jauh lebih muda, alhasil pernikahan kami di gonjang ganjingkan oleh bermacam2 perselingkuhan...
Memang akhirnya dia kembali lagi ke sisi saya, karena saya adalah ibu dari anak2nya... namun, pernikahan seperti ini sangat jauh dari apa yg sangat saya cita2kan... hasilnya, kami jadi saling menyakiti satu sama lain...
Mau cerai, kasihan anak2... Kehidupan Ranjang pun terasa hambar, karena saya masih berkeinginan tinggi, namun suami sudah terbiasa bercinta dengan perempuan2 muda yang sangat cantik cantik, jauh lebih indah bodynya dari saya yg sudah beranak 3... jadi... pernikahan ini sungguh sungguh sangat menyakitkan...
Jangankan berbahagia... dia disamping saya saja saya sudah bersyukur karena biasanya dia di samping disisi perempuan2 gampangan yg berbeda2...
Namun diakui, wanita2 nya sungguh cantik jelita...
Jadi, saran saya, buat yg mempunyai pacar lebih muda, buat pacaran saja sih silahkan, tapi jangan deh kalau buat suami...
Mending di putusin saja... sakit hati paling cuma 3 bulan... bisa cari lagi yg usia setaraf...
Kalau sudah seperti saya, nasi sudah menjadi bubur... sudah ada anak2...
Sungguh2 bernasib menyedihkan...
Saya hanya bisa berdoa... usia saya nanti kepala lima puluh lima, kemungkinan dia akan menikah dengan perempuan lain yg lebih muda...
Saya hanya tinggal bersiap2...
Hidup saya GETIR dan PENUH KESEDIHAN...
YA ALLAH... Maafkanlah saya, saya meyesal...

Mrs. JS

Ratna Dewi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ratna Dewi mengatakan...

Mb aq selisi 16 tahun jg dgn suami n skrg udah pux anak satu.

sri endangsih mengatakan...

Jodoh, Rezeki, Umur adalah Rahasia Illahi, namun manusia wajib berusaha, selebihnya berserah diri padaNYA...
Allah hu”aallam....

Anonim mengatakan...

saya ada wacana akan menikah dengan laki2 dengan beda usia 30th, fastastis kan...saya 29th beliau 59th. klo saya sih yakin dengan niat baik berkomitmen dng rumah tangga saya krn saya mantan suami saya dulu punya penyakit selingkuh, dan masalahnya dia yang gak yakin dengan saya, karena usia sy yg masih muda, sepertinya dia takut saya selingkuhi, padahal saya takut dosa loo...

Anonim mengatakan...

Insha Allah saya minggu depan mau menikah, umur calon suami saya 55 tahun, dan saya 20tahun, beda umur sekitar 35 tahun, dia duda saya bersyukur dipertemukan dengan beliau, saya yg kekanak2an dan beliau sangat dewasa dan bisa bimbing saya, tapi kadang takut saya selingkuh, saya berusaha untuk setia, dan belum tentu lelaki lain baiknya sama kaya suami saya, kenapa cemburuan ya?

pelangsing Terbaik mengatakan...

beda usia ga apa-apa, asal saling mengerti..ya maximal 2o tahunan deh masi bisa disesuaikan, pria 45 tahun wanita 25 tahun

Anonim mengatakan...

Saya berumur 21 tahun dan laki saya berumur 61 tahun, sudah menjalani hubungan selama 2 tahun, inshaAllah menikah tahun depan setelah saya lulus kuliah, dia bule dan Alhamdulillah sudah menjadi muslim, tapi saya masih khawatir sama keluarga saya karena kami berniat pindah ke UK setelah menikah. Ada yang punya advice?

Anonim mengatakan...

Bule UK 61 tahun.... yakin dia ga ada istri dan anak? Yakin kamu tidak akan jadi (maaf) pembantu rumah tangga gratisan ?

Teliti sebelum menyesal

Anonim mengatakan...

Dia sebelumnya udah pernah nikah 2 kali, yang pertama di UK lalu punya anak 2 perempuan dan cerai, yang kedua orang Indonesia lalu punya anak 1 laki-laki yang dimana umurnya sekitar 4tahun dibawah saya, dab sudah cerai karena si istri selingkuh dan memiliki anak dari bule lain. Kalo masalah pembantu dia ada daily staff yang ngurus dan saya sudah mengatakan bahwa setelah lulus nanti saya mau bekerja tetapi tidak lupa tugas rumah tangga lalu dia bilang "gak usah khawatir sama itu, ada daily staff dan aku juga terbiasa masak sendiri". Kadang saya mikir "apa-apaan sih" mengingat umur kami yang jauh berbeda, saya juga takut menyesal dan sangat yakin banyak sekali hambatan nanti. Tapi saya nyaman banget sama dia, kita nyambung karena dia gak mikirnya kolot banget, dia juga suka ngasih masukan sama tugas atau skripsi saya...
Sebelumnya saya pacaran sama orang Arab 9 tahun, umur kita sama, sampai sekarang dia masih suka main ke rumah dan orangtua saya kepinginnya saya sama dia, namun ada suatu hal yang membuat saya tidak bisa melanjutkan hubungan dengan dia.

Ricky Ocyradha mengatakan...

Perbedaan umur tidak menjadi masalah.yg penting niatnya.selama bisa saling mengerti Dan memahami.yang penting bhagia.tidak melanggar agama jg.sah2 aja.

binaanaprasa mengatakan...

aku dengan isteri beda 16 tahun, aku 58 dan isteri 42. masalah yg terberat dihadapi jika sedang menjalin hubungan aku menghendaki isteri keluar dulu (maaf), tetapi isteri tidak dapat, dia menunggu aku keluar dulu. masalahnya setelah aku keluar senjata langsung lemah sebelum isteri klimaks, jadinya ngambek berat. Siapa dapat membantu saya? terimakasig.

Rudi Iskandar nst mengatakan...

jagad raya ini diciptakan oleh allah swt dengan hukum kesetimbangan sehingga semua dapat berjalan dengan normal ...! Hal yang tidak seimbang misalnya penggudulan hutan akan menimbulkan banjir ( hal ini adalah contoh kecil dari tidak kesetimbangan )

Rudi Iskandar nst mengatakan...

Allah swt memberi kita anugrah yang tiada tara yaitu akal ( otak) maka pergunakannlah dengan maximal hingga memberi mamfaat yang besar buat diri kita

Anonim mengatakan...

Saya dan suami beda 20tahun. Suami 22 tahun dan saya 42 tahun. Kami menikah selama 2 tahun. Suami walaupun lebih muda usianya tapi dia lebih sabar dari saya. Kedewasaan, pengertian dan tanggung jawab bukan dilihat dari usianya.

Anonim mengatakan...

haaaa ternyata masi banyak yang menjalin hubungan yang terpaut usia seperti saya. Kalau saya sih cowo 22 saya 31 dan belum ada kata utk menkah, tapi melalui semua pengalaman yang saya baca, lumayan tau banyak diluar sana juga ada yang seperti saya.

Anonim mengatakan...

Sy berjarak 17 th dgn suami dan alhamdulillah sdh 5 th menikah dan dikaruniai 1 putri cantik...jujur kami banyak perbedaan terutama ego nya yg sangat tinggi....tp dlm perjalanan yg sy jalani adalah saling mengerti dan memahami serta menerima keadaan kita dan yg terpenting menikah krn Alloh...klw faktor ekonomi km juga sdh mulai bersiap2 dan sdh kami fikirkan setelah pensiun beliau harus siap2 dan berpikir mulai sekarang....krn q sadar betul menikah dgn usia terpaut jauh harus siap dlm banyak hal...saat ekonomi kurang dan suami sdh jauh berkurang...intinya jgn sampai pasangan kita merasa minder dan itu sy lakukan sy berusaha menyesuaikan dgn suami sy....Bagi yg akan menikah dgn jarak terpaut jauh...akan banyak perbedaan dan bicarakan dr awal spya semua akkan mendapat ridhoNya...aamiin

0kay StaRs mengatakan...

Saya sama istri beda 5 tahun tuaan istri tpi baik baik, aja mlah bhgia sampai sekarang

Dhd tea mengatakan...

Saua usia 53 tahun dan saat ini sedang menjalani hubungan dgn seorang gadis usia 18 tahun masih berstatus pelajar SMK kelas 3. Insya allah kami menikah tahun 2018 setelah calon istri saya berumur 20 tahun. Kami tidak merasa mengalami kesulitan dalam menjalani masa-masa pacaran.

Anonim mengatakan...

Pasangan sy 15 tahun di atas sy.
Sy n dy pernah sama-sana memikirkan masalah ini. Sampai keputusan sy untuk di jalani dulu, meskipun banyak komentar negatif dari orla n keluarga bshkan ayah saya. Ya, dy membuat sy nyaman, mengerti dan tenang, tidak seperti pria seumuran yg kekanak-kanakan.lbih dri 5thun tidak ada masalah bahkan bertengkar tidak pernah. Ini true

Ahmad Deltaljaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ahmad Deltaljaya mengatakan...

Sya dan suami beda 22 thn,. Trjdinya prnikahan krna dipaksa orng tua,. Rsanya bnr2 aneh, smua jln pmikiran bnr2 brbeda,. Bhkan dlam hal *maaf* seks.. apa yg hrs sya lakukan? Dgn usia sya 19 thn yg tntunya msh brda dipuncak2nya..

Ahmad Deltaljaya mengatakan...

Sya dan suami beda 22 thn,. Trjdinya prnikahan krna dipaksa orng tua,. Rsanya bnr2 aneh, smua jln pmikiran bnr2 brbeda,. Bhkan dlam hal *maaf* seks.. apa yg hrs sya lakukan? Dgn usia sya 19 thn yg tntunya msh brda dipuncak2nya..

Wahyu Alexandra mengatakan...

Saya habis baca blog ini...sebenernya sih nggak akan terjadi apapun pada hubungan yg jauh perbedaan umurnya ...bawasal nya pasangan beda usia akan memiliki daya tarik sendiri...

1)bagi laki laki yg menikah dengan wanita yg lebih tua dari nya...laki laki tersebut harus sadar bahwa wanita memiliki batas usia....dan jangan tinggalkan dia di tengah jalan...

Insyaallah klo kita saling memahami pasangan kita tidak akan hancur hubungan kita...

indri farahsaputri mengatakan...

Ini cerita beneran mba?

indri farahsaputri mengatakan...

Ini cerita beneran mba?

Unknown mengatakan...

sodara gua umur 19 tahun nikah sama wanita umur 46 tahun -_-

bicho mengatakan...

Pemanasannya diperhebat pak spya dia minta keluar dulu

Posting Komentar