Nikmat nya Batun Bedil khas kuliner bali !!

Kamis, 20 Oktober 2011


hmm,, nikmat menyantap kuliner khas bali yang bernama Batun Bedil membuat saya semakin semangat untuk menuliskan artikel tentang perjalanan wisata kuliner saya, minggu ini saya sedang bertugas di pulau dewata bali, sambil menunggu keberangkatan kedua yaitu makassar insting wisata kuliner saya semakin meninggi, maka berjalan lah saya beserta rekan saya yang juga seorang tour guide sama seperti saya dan kebetulan kami memiliki kesamaan hobi yaitu ber - wisata kuliner ,, lanjoott


sebelum sampai kepulau dewata sebenar nya saya sudah terlebih dahulu membaca-baca majalah tentang kuliner , dan langsung saya balik halaman nya di serba-serbi kuliner bali , ternyata di bali memilik makanan unik yang bernama Batun Bedil ,, hmm , melihat gambar nya saja membuat saya ingin mengambil makanan tersebut dari majalah yang saya pegang,,hehe


ajan pasar khas pulau dewata ini memang menggiurkan. Bentuknya bulatan-bulatan pipih. Rasanya kenyal gurih diselimuti adonan encer dari gula merah. Taburan kelapa parut yang gurih dan wangi membuat rasanya makin enak.

Di hampir semua pasar tradisional Bali mudah ditemui aneka jaja atau aneka kue tradisional. Meskipun berbahan dasar hampir sama dengan kue-kue Jawa, jajanan Bali punya keunikan tersendiri. Seperti kue yang disebut jaja Batun Bedil.

Bentuk kue ini mirip dengan bubur candil Jawa, hanya saja bentuknya bulat pipih. Kuahnya berupa adonan tepung gula merah dan tepung beras yang kental legit. Disajikan dengan kelapa parut sehingga rasanya gurih wangi.


Membuatnya juga tidak sulit karena mirip dengan bubur candil. Untuk isian yang berupa bulatan adonan dibuat dari campuran tepung ketan, tepung beras dan tepung kanji yang diaduk dengan air. Setelah kalis barulah dibentuk menjadi bulatan pipih, agak cekung tengahnya dan direbus.

Sausnya berupa larutan gula merah yang dicmapur dengan tepung beras sehingga kental. Bulatan adonan kemudian dimasak bersama saus ini. Untuk penyajiannya batun bedil ini ditaburi dengan kelapa parut. Rasa kenyal legit plus gurih merupakan ciri khas jajanan ini.

Nama batun bedil alias batu bedil atau peluru karena bentuknya mirip dengan peluru. Ada juga yang membentuk menjadi bulat panjang dengan ujung runcing. Peluru yang satu ini tidak mematikan tetapi rasanya yang kenyal-kenyal legit dan gurih bikin ketagihan. Kalau mampir berlibur ke pulau Bali jangan lupa mencicipi jajanan yang enak ini.

PENASARAN AYO DONG COBA ^^

3 komentar:

JIMMY mengatakan...

mirip kyk bubur candil yaa kenyal2 gitu..
aku blom nyobain :( pengen dehh nyobain:(

SALAM,

entertainment-geek

adeline mengatakan...

wow, jadi penasaran ama rasanya. ini dingin apa panas disajikannya??

hehe salam kenal ya

see this world mengatakan...

@jimmy
cobaik dong makanya,,hehe *di jakarta juga sudah ada yang jual loh ,, xD

@adeline
yah ga panas dan ga dingin,, sedeng lah,, hhee xP
oke salam kenal juga

Posting Komentar