Tempat Terbaik Melihat Aurora

Rabu, 18 Januari 2012


Aurora adalah fenomena alam yang hanya muncul di langit kutub utara dan kutub selatan. Saking uniknya, aurora yang indah sering disebut-sebut mulai dari mitologi Yunani sampai dongeng Indian. Dalam pembentukannya, hal yang sangat berperan adalah partikel solar matahari dan juga magnet bumi. Oleh karena itulah mengapa Aurora hanya muncul di kutub utara ataupun kutub selatan, karena dikedua tempat itulah yang memiliki daya magnet yang sangat tinggi.


Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari yang disebut dengan plasma. plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi. pada umumnya gas tidak bermuatan, tetapi karena suhu yang sangat panas di matahari menyebabkan partikel gar terionisasi maka terbentuklah plasma. plasma ini dipancarkan matahari ke segala arah (biasanya pada saat terjadi aktivitas matahari pancaran plasma bertambah), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi (gejala ini disebut “angin matahari”/solar wind), saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang indah. Aurora yang terkenal adalah Aurora Borealis (di kutub utara) dan Aurora Australis (di kutub selatan).

Untuk melihat keindahan Aurora, Anda tidak perlu ke ujung kutub utara atau selatan. Aurora juga dapat terlihat dibeberapa negara didekat kutub utara. Nah disanalah Anda bisa melihat keindahan maha karya Tuhan YME ini. Negara-negara yang bisa Anda sambangai adalah :


     1.  Islandia

penampakan aurora di Islandia

Islandia menawarkan pemandangan aurora yang spektakuler. Bertempat di dekat Kota Reykjavik, daerah ini menyediakan beberapa tur yang membawa Anda menjauh dari kota. Tur ini akan mengajak Anda menikmati alam perawan yang belum tersentuh polusi. Tempat ini tepat untuk menikmati cahaya aurora dengan intim.Malam-malam cerah di Islandia terjadi di bulan September sampai Maret. Pada saat itulah Anda harus menjadwalkan perjalanan Anda.


     2.  Norwegia

penampakan aurora di Norwegia

Norwegia menjadi tempat terbaik diantara tempat lainnya untuk melihat cahaya utara. Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, namun yang terbaik adalah Tromso. Tromso terletak di 571 km dari lingkaran Artik. Aurora Borealis bisa dilihat sekitar pukul 18.00 sore sampai pukul 1.00 malam setiap dua kali sehari. Cuaca memiliki peran penting dalam pertunjukan aurora, jadi sering-seringlah melihat perkiraan cuaca.

Januari adalah bulan terbaik untuk berkunjung. Ingat, udara Tromso benar-benar dingin, pastikan Anda membawa persediaan baju dingin yang cukup.

     3.  Alaska

penampakan aurora di Alaska
Di Amerika Utara, salah satu tempat terbaik untuk menikmati cahaya indah ini adalah Alaska. Terletak 32 km dari Fairbanks, pegunungan Alaska menawarkan tempat yang indah dan memanjakan untuk menangkap Aurora Borealis.Universitas Fairbanks Alaska menyediakan alat pemantauan Aurora Borealis dan kunjungan museum. Kunjungan ini merupakan salah satu cara untuk bisa mempelajari fakta dan mitos yang yang terjadi mengenai cahaya tersebut secara lebih dalam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Alaska adalah bulan Maret, dimana langit biasanya cerah pada saat itu. Dari Agustus sampai pertengahan April juga menjadi waktu yang tepat untuk menonton Aurora.


     4.  Finlandia

penampakan aurora di Finlandia

Saariselkae yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia adalah tempat yang tak kalah indah untuk menikmati aurora. Negara ini adalah negara dengan angka polusi yang kecil. Dengan keadaan ini, langit utara Finlandia bisa mempesona para turis dengan menyajikan Aurora yang luar biasa selama sekitar 200 malam dalam setahun.  Selain menikmati aurora, Anda juga bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju atau menontoni kawanan anjing husky. Bulan-bulan terbaik mengunjungi Saariselkae adalah sekitar November sampai Maret. Khususnya pada saat udara bersahabat dan langit cukup bersih.

     5.  Kanada

penampakan aurora di Kanada Utara
Kanada jadi satu dari tempat terbaik untuk menikmati cahaya ajaib dari utara tersebut. Ontario menawarkan tur khusus yang tidak terlupakan. Menjauh dari hingar bingar ibu kota, Anda akan diajak tenggelam dalam cahaya mistik di langit utara. Perjalananan selama sejam dengan mobil salju di daerah Danau Superior juga termasuk dalam daftar kegiatan tur di Ontario.

Agustus hingga akhir April adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini. Anda bisa memancing, menaiki kereta salju, ski, naik mobil salju dan berperahu dengan bingkai aurora di atas kepala Anda.


12 komentar:

Stupid monkey mengatakan...

wow, keren sekali cahaya-cahaya itu sobat, sungguh pemandangan yang indah, kapan ya bisa liat langsung, lihat jingga di sore hari aja udah ajib banget, apalagi yg ini ;)

adeline mengatakan...

di Indonesia gak ada???hahhaaa

andisinaga mengatakan...

stupid monkey = iya nabung aja dulu mas, saya doain biar bisa ngeliat aurora yaa

andisinaga mengatakan...

adeline = kan indonesia bukan negara kutub atuh neng

aan mengatakan...

kereeen abizzzz ada nggak yang mau bayarin buat jalan-jalan ke sana.... di INdonesia kok nggak ada ya????

andisinaga mengatakan...

aan = hwhw makasih bro..
indonesia kan bukan negara kutub atuuhhh hehe

JIMMY mengatakan...

keren juga nih yaa klo bisa liat aurora..
kyknya harus nabung nih buat kesana

endanesia mengatakan...

wah.. sayang di indonesia nggak ada. :)

momod mengatakan...

wih, keren sob .
sayang di Indonesia kagak ada ..

andisinaga mengatakan...

jimmy = yap semoga bisa kesana ya gann :D

andisinaga mengatakan...

endanesia = hahaha mangkanya, klo ada mah pasti saya kesana terus gan :D

andisinaga mengatakan...

momod = iya indonesia tropis soalnya hehe

Posting Komentar