Faktor Penyebab Gigi Kuning

Senin, 14 November 2011


Memiliki gigi yang putih merupakan dambaan bagi semua orang.  Bahkan beberapa selebriti kita ada yang melakukan operasi pemutihan gigi agar tampil lebih percaya diri. 

Namun terkadang kita tidak sadar dengan apa saja yang telah kita makan atau apa saja yang telah terjadi ketika kita mengkonsumsi makanan tersebut, sebut saja teh, kopi, dan minuman bersoda.

Selain itu ada beberapa jenis makanan lain yang dapat membuat gigi kita menjadi kuning yaitu:

 
Mungkin kalian tidak sadar, ternyata tomat juga memiliki kandungan warna alami pada buah yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Jika tomat sudah diolah menjadi saos tomat botolan, maka kondisi ini akan semakin bertambah parah. Kandungan zat pewarna tambahan didalam saus tomat juga bisa memperparah bekas warna yang ditinggalkan pada gigi.

 
Minuman Kesehatan juga bisa menyebabkan timbulnya noda pada gigi, hal ini disebabkan kerusakan enamel gigi karena kandungan asam yang terdapat pada minuman kesehatan. Sebaiknya memilih air putih sebagai pengganti minuman kesehatan ataupun olahraga.


Walaupun jus buah lebih banyak berguna bagi tubuh, namun kandungan asam dari buah yang terlalu tinggi dan terlalu banyak bisa merusak gigi. Kandungan asam dalam buah bila dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang terlalu banyak juga bisa merusak enamel gigi dan membuat gigi kita berlubang.

 
Bagi kalian pecinta Wine, perhatikanlah bahwa wine bisa meninggalkan noda pada gigi. Kandungan asam, tannin dan chromogen pada wine yang menyebabkan noda pada gigi. Selain anggur merah, anggur putih juga bisa membuat warna gigi menjadi berubah.


Seringnya kita mengkonsumsi obat-obatan, apalagi antibiotic juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Karena adanya kandungan tetracycline pada antibiotic. Konsumsi antibiotic yang mengandung tetracycline selama masa pertumbuhan gigi yaitu mulai dari awal kehamilan sampai dengan anak usia delapan tahun bisa membuat gigi anak mengalami perubahan warna yang bersifat permanen.

Nah itulah tadi beberapa factor lain yang dapat menyebabkan gigi kita menjadi kuning. Semoga artikel ini bermanfat.

Sumber Gambar:

2 komentar:

Danny Sihombing mengatakan...

saya kan sering minum jus yah, terus gimana solusinya biar gigi nggak kuning dong???

andisinaga mengatakan...

danny sihombing = sehabis minum jus harus kumur2 atau sikat gigi

Posting Komentar