Steve Jobs Sang Inovator

Jumat, 07 Oktober 2011

sumber gambar  = http://pendjol.files.wordpress.com/2011/04/steve-jobs-cover.jpg



Steve jobs sebagai seorang innovator telah meninggalkan kita semua. Manta CEO Apple kelahiran 24 Februari 1955 ini tutup usia pada 5 Oktober kemarin. Steve Jobs akan selalu dikenang bersama karya-karyanya.

Sebagai seorang pengusaha, Steve Jobs sangat lihai menyampaikan produk-produk Apple-nya. Di setiap presentasinya, semua orang akan terkagum-kagum dengannya. Karena cara dia berpresentasi 

Bagian pertama memberikan tahapan praktis untuk membentuk cerita yang menyenangkan. Pemikiran dasarnya adalah cerita yang kuat akan memberikan kepercayaan diri dan kemampuan memenangi pendengar.
Satu pelajaran utama dari CEO Apple ini adalah dia selalu memperkenalkan “antagonis” dalam presentasinya. 

Dia selalu memperkenalkan sebuah masalah dengan detail untuk build the pain, sebelum memperkenalkan solusinya. Dalam satu presentasinya, Steve menyampaikan,

Dibawah ini adalah kutipan kata –kata yang Steve Jobs yang sangat mengagumkan 


1.       A lot of companies have chosen to downsize, and maybe that was the right thing for them. We chose a different path. Our belief was that if we kept putting great products in front of customers, they would continue to open their wallets.
Ada banyak perusahaan yang berhemat, dan mungkin itu adalah yang terbaik bagi mereka. Kami memilih jalur yang berbeda. Kami percaya bahwa jika kami terus menciptakan produk-produk yang bagus di depan para konsumen, mereka akan terus membelinya.

2.       Apple's market share is bigger than BMW's or Mercedes's or Porsche's in the automotive market. What's wrong with being BMW or Mercedes?
Pangsa pasar Apple lebih besar dari BMW atau Mercedes atau Porsche di pasar otomotif. Apa yang salah dengan menjadi BMW atau Mercedes?
3.       Be a yardstick of quality. Some people aren't used to an environment where excellence is expected.
Jadilah patokan kualitas. Beberapa orang tidak akan berguna bagi lingkungannya ketika hanya ada keunggulan yang diharapkan di sana.
4.       Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works.
Desain itu bukan hanya apa yang terlihat dan terasa. Desain itu adalah cara kerjanya.

5.       I think we're having fun. I think our customers really like our products. And we're always trying to do better.
Saya rasa kami bersenang-senang. Saya rasa para konsumen benar-benar suka produk-produk kami. Dan kami selalu berusaha untuk lebih baik lagi.
               
6.       I want to put a ding in the universe.
Saya ingin menggemparkan dunia.
7.       Innovation distinguishes between a leader and a follower.
Inovasi-lah yang membedakan antara pemimpin dan pengikutnya





Selamat jalan Steve Jobs kami rindu dengan kehebatanmu

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Amerika mencinta Apple Macintosh, sementara segelintir orang Indonesia yang cupet pandangan suka menghujat bangsa Arab

Nah, Steve Jobs menurut Wikipedia adalah keturunan Arab...bagaimana ya?

Blogger mengatakan...

emang sih dia keturunan arab... tapi kayaknya dia nggak mau ngaku bapaknya... dia ngaku anak dari keluarga jobs... entah apa pandangan indonesia... tapi kalo saya pribadi sih juga ikut berduka...

uzanks mengatakan...

saya suka sekali kutipan2 dari Steve Jobs..

andisinaga mengatakan...

@ uzank : Kutipan-kutipan dari Steve Jobs memang memberi motivasi positi untuk kita.

Posting Komentar